Kamis, 06 Juni 2019

7 Jenis umpan Jump Frog yang perlu kamu ketahui

Posted by Montepedia on Kamis, 06 Juni 2019


Jump frog adalah salah satu jenis umpan tiruan yang paling disukai gabus, maupun jenis snakehead lainnya. Umpan ini paling mudah digunakan, cukup lempar (cast) lalu tarik/ gulung (retrieve) menggunakan reel. Sensasi strike yang dirasakan juga sangat luar biasa karena ikan akan menyambar langsung ketika umpan sedang bergerak sehingga sering terlihat ikan sampai keluar dari air..sungguh sensasi yang sangat diidamkan oleh setiap angler.


Jenis-jenis Jump Frog.
Ternyata, Jump frog itu sendiri mempunyai beberapa jenis tergantung bahan dan actionnya.
1. Jump Frog plus Propeller.
Jenis ini adalah jump frog yang paling mudah penggunaannya, karena cukup ditarik saja secepat yang diinginkan. Dari segi tampilan, jenis ini dilengkapi dengan sejenis kipas didepannya. Kipas tersebut mempunyai fungsi untuk memercikkan air ketika umpan bergerak, sehingga menghasilkan suara yang sangat menggoda ikan, apalagi umpan tersebut melintasi area yang menjadi teritori gabus, maka secepat kilat umpan akan disambar

2. Jump frog Hammer Head.
Jenis yang satu ini sedikit lucu bagi saya, karena bentuknya unik, seperti jempol dan lengkap dengan kuku nya hehehe. Suara bising yang dihasilkan nya juga lebih natural, terdengar seperti seekor katak yang sedang melompat diatas air, ehm sungguh sangat menggoda ikan untuk menyambar.

3. Jump Frog Triangle.
Sesuai namanya, jenis jump frog ini berbentuk segitiga. Jenis suara yang dihasilkan nya juga sangat unik, seperti seekor serangga yang sangat cepat berlari di atas air. Biasanya ikan yang menyambar itu tergoda dengan kecepatan suara yang di hasilkan, mirip-mirip seperti katak yang sesang kabur dikejar predator. Lompatan dari JF jenis ini bisa dibilang cukup rapat, semakin cepat kita retrieve, semakin rapat pula pola suara yang dihasilkan. Ikan yang saya hasilkan dari lure jenis ini antara setengah kilo hingga 1,5 kilo..bahkan lebih.

4. Jump frog Bubble frog.
Nah untuk yang ini bentuknya bisa dibilang hampir/ nyaris bulat sempurna, hanya saja didepannya sedikit tumpul seperti kebanyakan bentuk  jump frog dan ikan air yang dihasilkan cukup besar. Pola suaranya juga jarang, agak sulit memainkan nya kalau belum terbiasa. Nah untuk jenis inilah yang paling sering saya dapat 2 kilo keatas. Mungkin karena bentuknya juga besar kali ya ..hehehe

5. Jump frog mini.
Jump frog mini sesuai namanya juga, mini. Kecil namun mematikan. Mudah untuk hook up dan jarang meleset. Kesulitannya biasanya saat melempar perlu sedikit teknik yang pas agar jauh (long cast). Ketika hook up pun biasanya sampai tertelan dan sulit untuk mengeluarkannya kecuali angler pro, mereka punya teknik masing-masing untuk mencabut hook yang tertancap di perut ikan, ikan ya perut dalam, bukan hanya area mulut. Nah 1 lagi nih infonya, ikan yang nyambar juga kecil biasanya, maklum karena ukuran mini jadi yang mini-mini juga yang tertarik.

6. Jump Frog Curut/ Tikus.
Jf jenis ini dari bentuk nya mirip sekali dengan tikus, bagian belakang bulat namun lancip di depan. Action yang dihasilkan hanya berupa gerakan statis di atas air, kecuali angker yang sudah pro, akan sangat lihat memainkannya, sangat mudah dalam penggunaannya, dan hasilnya pun sering kali sangat memuaskan.

7. Jump Frog Geol
Sedikit istimewa, untuk jenis jump frog yang satu ini tidak memercikan air ataupun menghasilkan bunyi, namun yang diandalkan adalah actionnya, bergerak zig-zag saat ditarik, seperti ular yang sedang berenang. Harga yang ditawarkan juga lumayan mahal, kalau di toko pancing di kota saya harganya bisa mencapai 60 ribu - 120 ribu. Namun biasanya para angler akan mengakali dengan cara membuat sendiri dari bahan-bahan yang sda di sekitar.

Kira-kira demikian jenis jump frog yang saya ketahui, kalau teman-teman punya info atau pengetahuan tentang jenis jump frog yang tidak saya sebutkan dalam artikel ini, boleh lag kiranya menuliskan di kolom komentar, supaya bisa saya tambahkan dikemudian hari.
Mohon maaf nih kalau informasi yang saya sajikan kurang bermutu, maklum sambil nulis sambil casting jadi susah konsentrasi...

Berikutnya saya akan bahas jenis-jenis umpan minnow..

Previous
« Prev Post

2 komentar: