Kamis, 06 Juni 2019

Tips membuat Umpan buatan (Jump Frog) agar bisa nge-jump Bagi Pemula

Posted by Montepedia on Kamis, 06 Juni 2019

Jump Frog adalah jenis umpan yang sangat di gemari oleh para angler di tanah air. Jenis umpan ini sangat mudah untuk penggunaan dan hasil yang di dapat juga biasanya cukup besar, dikarenakan ukuran dari Lure itu sendiri sudah besar, maka ikan yang akan menyambar juga biasanya cukup besar, namun tidak menutup kemungkinan ikan kecil pun dapat tersangkut di hook. Umpan yang tersedia di toko-toko Alat Pancing biasanya berasal dari luar negeri alias import, karena memang kualitasnya sudah cukup baik.
Karena alasan import ini juga menjadikan harga yang ditawarkan semakin tinggi, berkisar dari hari Rp 50.000 s/d Rp 150.000 /piecies nya, sangat mahal bukan?
Kendala yang dihadapi saat menggunakan Lure jenis ini juga banyak, termasuk mudah tersangkut baik itu di ranting, rumput maupun semak belukar, sehingga terkadang sulit untuk kembali ke tangan kita.

Untuk jenis jump frog itu sendiri sudah saya bahas disini

Nah, untuk mengakali kendala-kendala di atas, disini akan saya bagikan sedikit tips untuk para angler (Caster) baik itu casting gabus maupun Toman, atau jenis Snakehead lainnya.
  1. Pilih jenis bahan yang MENGAPUNG.
  2. Pilih hook yang tajam.
  3. Buat bentuk bulat aja dulu seperti di gambar.
  4. Jangan lupa di amplas, rapikan, biar licin.
  5. Pada bagian atas lure bisa di gergaji menggunakan gergaji besi, membelah dua tapi jangan sampai putus ya, gunanya untuk memasukkan kawat. Tiap ujung kawat di buat bulat.
  6. Setelah kawat masuk, lalu isi lagi menggunakan bubuk hasil gergajian tadi, trus beri lem korea biarkan mengering lalu amplas.
  7. Lalu berikan lem korea untuk menutupi seluruh pori-pori kayu.
  8. Lalu amplas lagi biar licin.
  9. Buat lubang di area bawah, kira-kira sepertiga bagian bawah, lubangi, lalu berikan timah pemberat sesuai keperluan.
  10. Lakukan tes apung, seharusnya bagian ekor tepat berada dibawah.
  11. Setelah seusai, berikan hook lagi, lalu tes apung lagi, usahakan 2/3 bodi saja yang tenggelam, timah jangan terlalu besar ya, jangan sampai tenggelam.
  12. Tahap selanjutnya, lepaskan hook, lalu cat sesuai selera, dan jemur hingga benar-benar kering, kalau perlu di berikan juga cat clear.
  13. Pasang lagi hook nya, dan jangan lupa di pasang dulu skirt/ ekor jump frog tersebut.
  14. Tahap terakhir tes action 
Semoga kodok anda berenang sesuai yang diinginkan.
Kalau ada pertanyaan silahkan ajukan di kolom komentar.
Kalau masih bingung, baca lagi dari tahap 1.

Terima kasih

Previous
« Prev Post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar